Lingkungan
pemasaran terdiri dari aktor dan kekuatan luar pemasaran
yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan
memelihara hubungan yang sukses dengan pelanggan. Lingkungan pemasaran
terdiri dari lingkungan mikro dan lingkungan makro :
1.
Lingkungan mikro
Lingkungan
mikro biasanya terdiri dari pelaku yang dekat dengan
perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani
pelanggan. Beberapa lingkungan yang dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk
melayani pelanggan antara lain :
C perusahaan
manajer pemasaran harus bekerja keras untuk "memikirkan
konsumen". mereka harus bekerja secara harmonis untuk menghantarkan sebuah
nilai dan kepuasan yang unggul bagi konsumennya.
C pemasok
merupakan yang menyediakan sumber daya bagi
perusahaan dan mempunyai pengaruh terhadap persediaan dalam perusahaan.
C perantara
pemasaran
Yaitu seseorang yang akan membantu perusahaan dalam menjual,
mempromosikan, dan mendistribusikan produknya ke pembeli akhir.
C pesaing
sebuah perusahaan
harus menciptakan nilai dan kepuasaan yang lebih unggul dari saingannya.
C masyarakat
kelompok yang mempunyai potensi dalam kepentingan
nyata yang berpengaruh pada kemampuan organisasi untuk mencapai tujuan
C pelanngan,
individu, kelompok,atau organisasi yang mengkonsumsi suatu produk.
2.lingkungan
makro
Lingkungan makro terdiri dari kekuatan
sosial yang lebih besar yang mempengaruhi lingkungan mikro—kekuatan demografi,
ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya.
C Lingkungan
demografis
Demografi adalah ilmu
studi kependudukan manusia menyangkut ukuran, kepadatan, lokasi, usia, jenis
kelamin, ras, lapangan kerja, dan data statistik lain.
C Lingkungan
ekonomi
Lingkungan ekonomi
terdiri dari faktor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pengeluaran
konsumen.
C Lingkungan
alam
Lingkungan alam
meliputi sumber daya alam yang diperlukan sebagai masukan bagi
pemasar atau sumber daya alam yang dipengaruhi oleh kegiatan pemasaran.
C Lingkungan
teknologi
Lingkungan teknologi
mungkin adalah kekuatan paling dramatis yang membentuk nasib kita saat ini.
Kekuatan yang mencipatakan teknologi baru, menciptakan produk, dan menciptakan
peluang pasar yang baru.
C
Lingkungan Politik
adalah hal yang
berhubungan dengan hukum, badan pemerintahan, dan kelompok LSM yang
mempengaruhi dan membatasi berbagai organisasi dan individu dalam masyarakat
tertentu. Misalnya ada :
a. UU yang mengatur bisnis
b. Tekanan yang meningkat pada etika dan
tindakan tanggung jawab sosial.
c. Perilaku rensponsible sosial
d. Penyebab yang berhubungan
dengan pemasaran
C Lingkungan
Budaya
yaitu lembaga dan kekuatan lain yang
mempengaruhi nilai dasar, persepsi, selera, dan perilaku masyarakat. Msialnya :
a. Bertahannya nilai-nilai budaya
b. pergeseran nilai-nilai budaya sekunder
b. pergeseran nilai-nilai budaya sekunder
Menanggapi Lingkungan Pemasaran
Perusahaan dapat
secara pasif menerima lingkungan pemasaran sebagai elemen yang tidak dapat
dikendalikan dimana mereka harus beradaptasi, menghindari ancaman dan
memanfaatkan peluang yang ada. Atau mereka dapat mengambil tindakan proaktif.,
bekerja unutk mengubah lingkungan dan tidak hanya bereaksi terhadapnya.
seseorang
pernah mengamati, "ada tiga jenis perusahaan: mereka
yang membuat sesuatu terjadi, mereka yang menonton sesuatu
terjadi, dan mereka yang bertanya-tanyaapa yang
terjadi". Banyak perusahaan melihat lingkungan
pemasaran sebagai elemen tak terkendali yang
mereka harus bereaksi dan beradaptasi.
Dengan mengambil tindakan, perusahaan dapat mengatasi kejadian lingkungan yang tampaknya tak terkendali. misalnya, beberapa perusahaan mencoba untuk menutup-nutupi kejelekan produk mereka.
Dengan mengambil tindakan, perusahaan dapat mengatasi kejadian lingkungan yang tampaknya tak terkendali. misalnya, beberapa perusahaan mencoba untuk menutup-nutupi kejelekan produk mereka.
Manajemen pemasaran tidak bisa selalu mengontrol kekuatan
lingkungan. dalam banyak kasus, harus puas hanya
menonton dan bereaksi terhadap lingkungan. misalnya, sebuah
perusahaan akan memiliki keberhasilan kecil yang
mencoba untuk mempengaruhi geseran geografis populasi, lingkungan
ekonomi, atau nilai-nilai budaya yang besar.tetapi bila
memungkinkan, manajer
pemasaran cerdas mengambil proaktif daripada pendekatan
reaktif untuk lingkungan pemasaran.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan