Khamis, 30 Oktober 2014

Principle of Marketing kotler,Philip dan Gary Amstrong : chapter 3

Analyzing The Marketing Environment

Lingkungan pemasaran terdiri dari aktor dan kekuatan luar pemasaran yang mempengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk membangun dan memelihara hubungan yang sukses dengan pelanggan. Lingkungan pemasaran terdiri dari lingkungan mikro dan lingkungan makro :

1. Lingkungan mikro

 Lingkungan mikro biasanya terdiri dari pelaku yang dekat dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pelanggan. Beberapa lingkungan yang dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggan antara lain :

C perusahaan
 manajer pemasaran  harus bekerja keras untuk "memikirkan konsumen". mereka harus bekerja secara harmonis untuk menghantarkan sebuah nilai dan kepuasan yang unggul bagi konsumennya.

C pemasok
 merupakan yang menyediakan sumber daya bagi perusahaan dan mempunyai pengaruh terhadap persediaan dalam perusahaan.

C perantara pemasaran
Yaitu seseorang  yang akan membantu perusahaan dalam menjual, mempromosikan, dan mendistribusikan produknya ke pembeli akhir.

C pesaing
sebuah perusahaan harus menciptakan nilai dan kepuasaan yang lebih unggul dari saingannya.

C masyarakat
 kelompok yang mempunyai potensi dalam kepentingan nyata yang berpengaruh pada kemampuan organisasi untuk mencapai tujuan

C pelanngan, individu, kelompok,atau organisasi yang mengkonsumsi suatu produk.

2.lingkungan makro

Lingkungan makro terdiri dari kekuatan sosial yang lebih besar yang mempengaruhi lingkungan mikro—kekuatan demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik, dan budaya.

C Lingkungan demografis
Demografi adalah ilmu studi kependudukan manusia menyangkut ukuran, kepadatan, lokasi, usia, jenis kelamin, ras, lapangan kerja, dan data statistik lain.

C Lingkungan ekonomi
Lingkungan ekonomi terdiri dari faktor-faktor yang mempengaruhi daya beli dan pola pengeluaran konsumen.

C Lingkungan alam
Lingkungan alam meliputi sumber daya alam yang  diperlukan sebagai masukan bagi pemasar atau sumber daya alam yang dipengaruhi oleh kegiatan pemasaran.

C Lingkungan teknologi
Lingkungan teknologi mungkin adalah kekuatan paling dramatis yang membentuk nasib kita saat ini. Kekuatan yang mencipatakan teknologi baru, menciptakan produk, dan menciptakan peluang pasar yang baru.

C Lingkungan Politik
adalah hal yang berhubungan dengan hukum, badan pemerintahan, dan kelompok LSM yang mempengaruhi dan membatasi berbagai organisasi dan individu dalam masyarakat tertentu. Misalnya ada :
a.  UU yang mengatur bisnis
b. Tekanan yang meningkat pada etika dan tindakan tanggung jawab sosial.
c. Perilaku rensponsible sosial
d. Penyebab yang berhubungan dengan pemasaran

C Lingkungan Budaya
 yaitu lembaga dan kekuatan lain yang mempengaruhi nilai dasar, persepsi, selera, dan perilaku masyarakat. Msialnya :
a. Bertahannya nilai-nilai budaya
b. pergeseran nilai-nilai budaya sekunder

  Menanggapi Lingkungan Pemasaran 
Perusahaan dapat secara pasif menerima lingkungan pemasaran sebagai elemen yang tidak dapat dikendalikan dimana mereka harus beradaptasi, menghindari ancaman dan memanfaatkan peluang yang ada. Atau mereka dapat mengambil tindakan proaktif., bekerja unutk mengubah lingkungan dan tidak hanya bereaksi terhadapnya.

seseorang pernah mengamati, "ada tiga jenis perusahaan: mereka yang membuat sesuatu terjadi, mereka yang menonton sesuatu terjadi, dan mereka yang bertanya-tanyaapa yang terjadi". Banyak perusahaan melihat lingkungan pemasaran sebagai elemen tak terkendali yang mereka harus bereaksi dan beradaptasi.
Dengan mengambil tindakan, perusahaan dapat mengatasi kejadian lingkungan yang tampaknya tak terkendali. misalnya, beberapa perusahaan mencoba untuk menutup-nutupi kejelekan produk mereka.
Manajemen pemasaran tidak bisa selalu mengontrol kekuatan lingkungan. dalam banyak kasus, harus puas hanya menonton dan bereaksi terhadap lingkungan. misalnya, sebuah perusahaan akan memiliki keberhasilan kecil yang mencoba untuk mempengaruhi geseran geografis populasi, lingkungan ekonomi, atau nilai-nilai budaya yang besar.tetapi bila memungkinkan, manajer pemasaran cerdas mengambil proaktif daripada pendekatan reaktif untuk lingkungan pemasaran.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan