Saat
ini sebagian besar perusahaan telah menjauhi pemasaran massal dan menuju
pemasaran sasaran. Hal ini di sebabkan karena perusahaaan menyadari bahwa mereka
tidak dapat memenuhi keinginan semua pembeli dengan cara yang sama. Strategi
pemasaran yang digerakkan pelanggan dimulai dengan memilih pelanggan mana yang
akan dilayani dan memutuskan proposisi nilai yang dapat melayani pelanggan
sasaran dengan sangat
baik. Strategi ini terdiri dari empat langkah, yaitu:
![*](file:///C:\Users\hidayat\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\hidayat\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\hidayat\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\hidayat\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
PENETAPAN
TARGET PASAR
a.
Mengevaluasi segmen pasar
Dalam mengevaluasi segmen pasar yang berbeda, perusahaan harus melihat tiga
faktor : ukuran dan pertumbuhan segmen, daya tari struktural segmen, dan tujuan
serta sumber daya perusahaan.
b.
Memilih segmen pasar sasaran
Pasar sasaran ( target market ) terdiri dari sejumlah pembeli yang
berbagi kebutuhan dan karakteristik sama yang akan dilayani perusahaan.
Perusahaan dapat menetapkan target yang sangat luas ( pemasaran tanpa diferensiasi
), sangat sempit (pemasaran mikro), atau diantaranya (pemasaran diferensiasi
atau terkonsentrasi).
c.
Memilih strategi penetapan sasaran
Perusahaan harus mempertimbangkan banyak faktor ketika memilih strategi
penetapan sasaran pasar. Strategi mna yang paling baik tergantung pada sumber
day
a perusahaan. Jika sumbe daya perusahaan terbatas, pemasaran terkonsentrasi adalah yang paling masuk akal. Strategi terbaik juga bergantung pada tingkat variabilitas produk.
a perusahaan. Jika sumbe daya perusahaan terbatas, pemasaran terkonsentrasi adalah yang paling masuk akal. Strategi terbaik juga bergantung pada tingkat variabilitas produk.
d.
Pemasaran sasaran yang berwawasan sosial
Penetapan sasaran yang cerdik membantu perusahaan lebih efisien dan
efektif dengan memfokuskan diri pada segmen yang dapat mereka puaskan dengan
sangat baik dan paling menguntungkan.penetapan sasaran juga menguntungkan
konsumen-perusahaan meraih kelompok konsumen tertentu dengan penawaran yang
dihantarkan secara cermat untuk memuaskan kebutuhan mereka..
DIFERENSIASI
DAN POSITIONING
Posisi
produk yaitu cara produk didefinisikan oleh konsumen berdasarkan atribut
penting-tempat di mana produk dibandingkan dalam pikiran konsumen dibandingkan
produk pesaing.
Selain
memutuskan segmen pasar mana yang akan menjadi sasarannya, perusahaan harus
memutuskan proposisi nilai-bagaimana perusahaan akan menciptakannilai
terdiferensiasi untuk segmen sasaran dan posisi apa yang ingin diduduki
perusahaan oleh segmen itu. Konsumen dibebani dengan informasi tentang produk
dan jasa. Mereka tidak dapat mengevaluasi ulang produk setiap saat mereka
membuat keputusan pembelian. Untuk menyederhanakan proses pembelian, konsumen
mengatur produk, jasa,dan perusahaan menjadi beberapsa kategori dan
“memposisikan” produk itu dalam pikiran mereka, dan adapun ini beberapa Langkah yang dilakukan perusahaan adalah:
![*](file:///C:\Users\hidayat\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\hidayat\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\hidayat\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\hidayat\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\hidayat\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\hidayat\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
![*](file:///C:\Users\hidayat\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.gif)
Sumber : Kotler,Philip & Armstrong. 2014. Principles of Marketing. Ed. 15. Amerika : Pearson.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan